Slide Show Image Me

SELAMAT DATANG DI BLOG SAYA_SELAMAT DATANG DI BLOGNYA YASRIN_SELAMAT DATANG DI BLOG SAYA_SELAMAT DATANG DI BLOGNYA YASRIN
Superman

Jumat, 29 Maret 2013

Keluargaku Segalanya Bagiku

       Keluarga adalah sebuah kelompok sosial yang unik yang mempunyai kebersamaan seperti pertalian darah/ikatan keluarga, emosional, memberikan perhatian/asuhan, tujuan orientasi kepentingan dan memberikan asuhan untuk berkembang. Keluarga memiliki struktur dan fungsi tertentu. Struktur dan fungsi  merupakan hal yang berhubungan erat dan terus  menerus
berinteraksi satu sama lain. Struktur didasarkan pada organisasi, yaitu perilaku anggota keluarga dan pola hubungan dalam keluarga.  Hubungan yang  ada dapat bersifat kompleks, misalnya seorang wanita bisa sebagai istri, sebagai ibu, sebagai menantu, dll yang semua itu mempunyai kebutuhan, peran dan harapan yang berbeda.
        Pola hubungan itu akan membentuk kekuatan dan struktur peran dalam keluarga. Struktur keluarga dapat diperluas dan dipersempit tergantung dari kemampuan dari keluarga tersebut untuk merespon stressor yang ada dalam keluarga. Struktur keluarga yang sangat kaku atau sangat  fleksibel dapat mengganggu atau merusak fungsi
keluarga.
    Fungsi keluarga yang berhubungan dengan struktur: 
a. Struktur egalisasi : masing-masing keluarga mempunyai hak yang sama dalam menyampaikan pendapat (demokrasi)
b. Struktur yang hangat, menerima dan toleransi
c. Struktur yang terbuka, dan anggota yang terbuka  : mendorong kejujuran dan kebenaran (honesty and authenticity)
d. Struktur yang kaku : suka melawan dan tergantung pada peraturan
e. Struktur yang bebas : tidak adanya aturan yang memaksakan (permisivenes)
f. Struktur yang kasar : abuse (menyiksa, kejam dan kasar)
g. Suasana emosi yang dingin (isolasi, sukar berteman)
h. Disorganisasi keluarga (disfungsi individu, stress emosional)
     Struktur keluarga terdiri  atas:
a.  Pola dan Proses Komunikasi
     Komunikasi dalam keluarga ada yang berfungsi dan ada yang tidak, hal ini bisa disebabkan oleh beberapa faktor yang ada dalam komponen komunikasi seperti : sender, chanel-media, massage, environtment dan reciever.
b. Struktur peran
    Peran adalah serangkaian perilaku yang diharapkan sesuai dengan posisi sosial yang diberikan. Yang dimaksud dengan posisi atau status adalah posisi  individu dalam masyarakat, misalnya status sebagai istri/suami  atau anak.
    Peranan  ayah  : pencari nafkah, pelindung dan pemberi rasa aman,  kepala keluarga, sebaagai anggota dari kelompok  sosialnya  serta sebagai  anggota masyarakat  dari  lingkungannya.



Peranan ibu :   mengurus rumah tangga, pengasuh dan pendidik  anak-naknya, pelindung dan sebagai salah satu anggota kelompok dari peranan sosialnya serta sebagai  anggota  masyarakat dari  lingkungannya,   serta bisa berperan sebagai pencari nafkah  tambahan dalam keluarga.

  
   









     Peranan anak : melaksanakan peranan psiko sosial sesuai dengan tingkat perkembangannya, baik fisik, mental, sosial dan spiritual
c.  Struktur kekuatan
     Kekuatan merupakan kemampuan (potensial atau aktual) dari individu untuk mengendalikan atau mempengaruhi untuk merubah perilaku orang lain ke arah positif. 
Message,,,,,
Keep Your Family Harmony.....
Because Family is Everything,,, *_^

By : yasrink.blogspot.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar